Pengaruh Kapabilitas Dinamis dan Turbulensi Lingkungan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada UMKM Makanan Ringan di Kota Sukabumi)
Abstract
Dalam meningkatkan keunggulan bersaing, keunikan produk sangat penting. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk tersebut akan memiliki nilai lebih dimata konsumen. Fenomena yang terjadi pada keunggulan bersaing UMKM Makanan Ringan di Kota Sukabumi yakni produk tidak berbeda dan banyak dijumpai pada produk lainnya. Adapun makanan ringan yang sering ditemui pada Toko oleh-oleh Khas Kota Sukabumi yaitu seperti rengginang, mochi, basreng, semprong, dorokdok, wajik, simping, dan lain sebagainya. Makanan yang ada pada Toko oleh-oleh Khas Kota Sukabumi tersebut banyak ditemukan pula di Toko oleh-oleh kota lain, yang dapat diartikan makanan yang dijual di Toko oleh-oleh Khas Kota Sukabumi bukanlah makanan khas Kota Sukabumi. Selain itu, dari segi kemasan dan harga pun tidak jauh berbeda dengan kota lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas dinamis dan turbulensi lingkungan terhadap keunggulan bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah simple random sampling, yakni sejumlah 283 UMKM makanan ringan di Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang meliputi koefisien determinasi, koefisien korelasi ganda dan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menggunakan uji t menunjukkan bahwa kapabilitas dinamis (X1) berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y) dan turbulensi lingkungan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y). Konstribusi pengaruh variabel kapabilitas dinamis dan turbulensi lingkungan terhadap keunggulan bersaing sebesar 62,1%. Sedangkan sisanya 37,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti
Downloads
References
Adiputra, I. P. P., & Mandala, K. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Kapabilitas terhadap Keunggulan
Kompetitif dan Kinerja Perusahaan pada Pondok Wisata (Villa) di Kota Denpasar-Bali. E-Jurnal
Manajemen.
Anggraeni, nita D. (2015). Pengaruh Good Coorperate Governance dan Earning Power Pada
Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Peserta CGPI yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Periode 2009-2013). Skripsi, 6, 90–91.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2018). Pertumbuhan Bisnis Kuliner di Kota Sukabumi.
BPS Provinsi Jawa Barat. (2020). BPS Provinsi Jawa Barat. BPS Provinsi Jawa Barat.
Ermaya, S. K., & Wibowo, L. A. (2020). The Impact of Environmental Turbulence and Dynamic
Capabilities Toward Business Unit Performance (Case Study at Communication Organization
Industries). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200131.059
Fauzi, M. (2015). Manajemen Strategik. CV Karya Abadi Jaya.
Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan
Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan
Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252
Khouroh, U., Sudiro, A., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2020). The mediating effect of
entrepreneurial marketing in the relationship between environmental turbulence and dynamic
capability with sustainable competitive advantage: An empirical study in Indonesian MSMEs.
Management Science Letters. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.9.007
Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Ratnaningsih, C. S. (2020). Kapabilitas Dinamik dan Keunggulan
Bersaing: Dinamisme Lingkungan Moderator ataukah Driver? Jurnal Samudra Ekonomi Dan
Bisnis. https://doi.org/10.33059/jseb.v12i1.2322
Kurniawan, A., & Yun, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Kelanggengan Usaha
Terhadap Keunggulan Bersaing. 2(1), 65–78.
Lenggogeni, L., & Ferdinand, A. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan
Pembelian Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian. Diponogoro Journal Of
Management, 5(3), 2.
Lestari, P. (2014). Keefektifan Pengunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based
Learning) dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Wates
[Universitas Negeri Yogyakarta]. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Li, D. yuan, & Liu, J. (2014). Dynamic capabilities, environmental dynamism, and competitive
advantage: Evidence from China. Journal of Business Research.
https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2012.08.007
Pratono, A. H., & Mahmood, R. (2015). Mediating effect of marketing capability and reward
philosophy in the relationship between entrepreneurial orientation and firm performance.
Journal of Global Entrepreneurship Research. https://doi.org/10.1186/s40497-015-0023-x
Riniwati, H. (2016). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Aktivitas Utama dan
Pengembangan SDM. In MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Aktivitas Utama dan
Pengembangan SDM.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang
Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish Publisher.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative, Research, Approach. Deepublish
Publisher.
Sarwono, J., & Salim, H. N. (2017). Prosedur - Prosedur Populer Statistik Untuk Analisis Data Riset
Skripsi. Penerbit Gava Media.
Sherlin, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing.
Jurnal Benefita, 1(3), 107–108. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.724
Sriwidadi, T. (2014). Pengaruh Kepemimpinan dan Kapabilitas Dinamis terhadap Manajemen
Pengetahuan di Binus University Jakarta. The Winners. https://doi.org/10.21512/tw.v15i1.635
Sudrajat, D. (2013). Kapabilitas Dinamik, Kinerja Inovasi, dan Kinerja Perusahaan Jasa Logistik di
Indonesia (Suatu Kerangka Penelitian). Binus Business Review.
https://doi.org/10.21512/bbr.v4i2.1396
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Suharyono. (2020). TURBULENCE LINGKUNGAN DAN KAPABILITAS ORGANISASI. Lembaga
Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).
Sukirman. (2020). Strategi Keunggulan Bersaing melalui Keunggulan Asosiasi Merek , Kekuatan
Asosiasi Merek dan Keunikan Asosisi Merek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 14–26.
Wahyu, N. (2017). Pengaruh Keunggulan Bersaing dan Inovasi Produk dengan Kinerja Pemasaran
pada Usaha Batik Tegalan di Kabupaten Tegal. Feb Unsoed, 7(September), 104–116.
Copyright (c) 2022 Lia Suliah, R Deni Muhammad Danial, Faizal Mulia Z
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Equity: Jurnal Ekonomi agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.