DETERMINAN VARIABEL MONETER TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI INDONESIA TAHUN 2005 - 2018

  • Hamzah Hamzah Universitas Bangka Belitung
  • Devi Putri Universitas Bangka Belitung
  • Andre Riswanto Universitas Bangka Belitung
  • Gebila Gebila Universitas Bangka Belitung
Keywords: IHSG, Variabel Moneter, Politik

Abstract

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan salah satu indikator yang menunjukkan keadaan ekonomi pada suatu negara. Semakin baik Indeks Harga Saham Gabungan, maka semakin baik pula perekonomian pada suatu negara tersebut. Di Indonesia Indeks Harga Saham Gabungan mengalami nilai yang fluktuatif dalam rentan waktu tiga belas tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Determianan Variabel Moneter terhadap Indeks Harga Saham di Indonesia pada periode 2005-2018. Variabel Moneter yang digunakan adalah Inflasi dan BI Rate serta terdapat juga variabel pendukung seperti American Dollar dan Politik. Kebijakan Moneter dari pemerintah Indonesia memiliki dampak penting terhadap bagaimana negara-negara ini mengelola pasar modalnya. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi dengan perumusan pengaruh antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa Variabel Moneter (Inflasi dan BI Rate), American Dollar, dan Politik memilki pengaruh yang negatif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan, namun hanya variabel Inflasi yang memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rochman (2018), DeterminanVariabel yang Mempengaruhi Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Catona Machatra, Fakhruddin, dan Keywords (2016), Analisis Efek Kebijakan Moneter terhadap Output di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, Indonesia.

Depi Megawati (2018), Analisis Determinan Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Tahun 1987-2016.

Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Muhammadiyah Surakarta.

Dwi Wulandari (2014), Pengaruh Beberapa Variabel Moneter Terhadap Harga Saham di Lima Negara Asean. Jurnal Ekonomi Kuantitatif TerapanVol.7 No.2 Agustus2014.

Gurnito Ari Danardono dan Musaroh, M.Si (2013), Analisis determinan perubahan Indeks Harga Saham Gabungan.

Iwan Setiawan (2019), Analisis Dampak Kebijakan Moneter terhadap Perkembangan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi Vol. 1, No. 1, Mei 2009, 15 – 31.

Natalia Yustita (2015) Faktor – faktor yang mempengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia.

Ni Luh Gede Ari Luwihadi dan Sudarsana Arka (2015), Determinan Jumlah Uang Beredar dan Tingkat Inflasi di Indonesia Periode 1984-2014. EP-Jurnal EP Unud Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Marina dan Amiruddin K (2016), Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Nilai Tukar Rupiah Di Indonesia. VOL. 3 NO. 1, ECCES, Economics, Social, and Development Studies.

Zakaria, Abdullah Aminu dan Victor Pattiasina (2018), Determinan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia.

Published
2019-12-17
How to Cite
Hamzah, H., Putri, D., Riswanto, A., & Gebila, G. (2019). DETERMINAN VARIABEL MONETER TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI INDONESIA TAHUN 2005 - 2018. Equity: Jurnal Ekonomi, 7(2), 38-46. https://doi.org/10.33019/equity.v7i2.8