Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Di Era Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kepercayaan konsumen dan kualitas produk terhadap minat pembelian pada produk UMKM Xavera di Bangka. Penelitian ini dilakukan dikarenakan persaingan yang semakin ketat di era globalisasi dan juga pemanfaatan pemasaran digital terus dioptimalkan oleh para pelaku UMKM dalam industri fashion khususnya hijab agar tetap bisa besaing dan bertahan dengan kondisi pademi Covid-19 yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang sedang melakukan pembelian di toko Xavera Pangkalpinang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling tepatnya accidental sampling yaitu teknik pemilihan sampel berdasarkan kebetulan. Sampel dala penelitian ini adalah sebesar 82 responden. Hasil pengujian secara simultan menggunakan uji F menunjukkan bahwa digital marketing, kepercayaan konsumen dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Selanjutnya dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian, variabel kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian serta variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Selanjutnya variable independen yang dominan terhadap minat pembelian adalah digital marketing.
Downloads
References
Adrian, S.E (2019). Digital Marketing Dan Ragam Produk Pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016 ). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3 ( 3), 14-24. DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430
Angelita, Anggie Priscillia Natalia.,, Kristi, Airin Sangari., Stella, Octaviana., 2021. Pengaruh Digital Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Di Era Covid 19 Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol. 6, No. 8, Agustus 2021
Febriyantoro, Mohamad Trio., Debby Arisandi (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara.., Vol 2 Nomor 01 Juni 2020, Hal 63-76,. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32
Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Universitas Diponogoro
Harris, L. C. dan Goode, M. H (2010). Online Servicecapes, Trust, and Purchase Intention. Journal of Service Marketing. Vol 24 No. 3.
Hendrata, Y. K., Purbandari, T., & Mujilan (2013). Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation terhadap Trust Pengguna Internet di Sistem E-commerce. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 82.
I. B. Hong and H. Cho, "The impact of consumer trust on attitudinal loyalty and purchase intentions in B2C e-marketplaces: Intermediary trust vs. seller trust," International Journal of Information Management, vol. 31, pp. 469-479, 2011. (1) (PDF) Impact of Customer Trust on Purchase Intention in Organic Rice through Facebook: A Pilot Study. Available from: https://www.researchgate.net/publication/284486316_Impact_of_Customer_Trust_on_Purchase_Intention_in_Organic_Rice_through_Facebook_A_Pilot_Study [accessed Nov 08 2021].
Joel, G., James, dan Jantje, M. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Manado. Jurnal EMBA, ISSN: 2303-1174, Vol. 2, No. 3.
Kotler, Philip and Gary Amstrong (2018). Principles of Marketing. Edition 15 Global Edition. Pearson.
Martono, M., dan S. R Iriani. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 2, pp. 687-699
Mileva, Lubiana., Achmad Fauzi D.H (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 58 No. 1.
Muljono, Ryan Kristo (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Pangkey, Franycia Maria., M. Furkan., & Edy, Herman (2019). Pengaruh Artificial Intelligence Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Magister Manajemen Unram. Vol. 8, No 3. September 2019, Hal : 258-269,. Doi : http://dx.doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448
Purbohastuti, Arum Wahyuni., Asmi, Ayuning Hidayah (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan., Volume 04 Nomor 01 Juni 2020, Hal 37-46,. Doi: https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480
Putro, Shandy Widjoyo., Hatane Semuel, MS., Ritzky Karina M.R. Brahmana (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2, No. 1 tahun 2014, Hal: 1-9.
Rosdiana, Riski., Iyus Akhmad Haris., Kadek Rai Suwena (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha., Volume 11 No. 1 Tahun 2019, Hal 318-328,. http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Samsudeen Sabraz Nawaz et. al. (2020). Impact of Digital Marketing on Purchase Intention. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(04), 1113 - 1120. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/4816
Tim APJII. 2020. Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 1. https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI- 74---November-2020
Tjiptono,F. (2014). Pemasaran Jasa:Prinsip,Penerapan,dan Penelitian.Yogyakarta : CV Andi Offset.
Wong, David (2017). Pengaruh Ability, Benevolence Dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce : Studi Kasus Pada Pelanggan Ecommerce Di Ubm. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.2, No.2, Juni 2017, Hal : 155 – 168
Copyright (c) 2021 Novita Herlissha, Tiara Fitari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Equity: Jurnal Ekonomi agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.