Prioritasisasi Permasalahan Sosial Ekonomi Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur dengan Metode Analisis Hierarki Proses (AHP)

  • Tomi Andria Wahyudi Bappelitbangda
  • Didik Ardianto
Keywords: Permasalahan Kecamatan, Analysis Hierarchy Process, Belitung Timur

Abstract

Penelitian ini melakukan identifikasi mengenai permasalahan sosial ekonomi yang dihadapi oleh Kecamatan Dendang pada Kabupaten Belitung Timur. Identifikasi dan pemetaan permasalahan dilakukan dengan menggunakan beberapa aspek, yaitu aspek administrasi kependudukan, aspek sumberdaya manusia, aspek sosial dan aspek ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, pengamatan, dan studi literatur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan sosial ekonomi dengan pendekatan kualitatif dan Analisis Hierarki Proses (AHP). Hasil penelitian menunjukkan ada 10 prioritas masalah pada Kecamatan Dendang yaitu Kesejahteraan penduduk sektor perkebunan rendah, Pendidikan usia produktif rendah, Tingkat pendidikan penduduk rendah, Keluarga belum memiliki kartu keluarga, Tingginya Pernikahan Anak, Penduduk belum memiliki akta kelahiran, Rendahnya status kesehatan balita, Tingginya kasus diare, Lansia tidak produktif, dan Penduduk disabilitas. Penelitian ini diakhiri dengan memetakan perangkat daerah yang akan merencanakan program dan kegiatan yang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti yaitu dengan mensinergikan dan mengefektivitaskan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dengan Perangkat Daerah terkait di tingkat Kecamatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik, 2019. Kabupaten Belitung Timur Dalam Angka.

Badan Pusat Statistik, 2020. Kecamatan Dendang Dalam Angka.

Dinas Kesehatan, 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Belitung Timur.

Firdaus, A. M., Pelupessy, J. M. and Tampubolon, J. R. (2016) ‘Strategi Penyelesaian Masalah Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Di Kepulauan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah’, Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 11(1), p. 55. doi: 10.15578/jsekp.v11i1.3172.

Halimah, M. and Karyana, A. (2017) ‘Skala Prioritas Perencanaan Pembangunan Dalam Musrenbang Kecamatan’, Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(1), p. 74. doi: 10.24198/jmpp.v1i1.13544.

M. Bernasconi, C. Choirat, dan R. Seri, “The analytic hierarchy process and the theory of measurement,” Management Science, vol. 56, no. 4, hal. 699 – 711, 2010.

T. L. Saaty, “Decision making with the analytical hierarchy process,” International Journal Services Sciences, vol. 1, no. 1, hal. 83 – 98, 2008.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pememerintahan Daerah.

Undang-undang Nomor 5 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung Timur.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan (https://www.kemendagri.go.id)

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan.

Published
2021-12-28
How to Cite
Wahyudi, T., & Ardianto, D. (2021). Prioritasisasi Permasalahan Sosial Ekonomi Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur dengan Metode Analisis Hierarki Proses (AHP). Equity: Jurnal Ekonomi, 9(2), 9-21. https://doi.org/10.33019/equity.v9i2.55