MODEL KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN DAN KEUNTUNGAN (NET BENEFIT) PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
DOI:
https://doi.org/10.33019/equity.v7i1.25Keywords:
Sistem Informasi Perbankan, Net BenefitAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, memberikan kemudahan kepada segala lapisan masyarakat untuk mempermudah kehidupannya, baik kehidupan masyarakat secara pribadi atau kehidupan masyarakat profesional. Teknologi informasi dapat diakses atau dapat digunakan untuk kepentingan yang mendasar atau kepentingan tingkat yang lebih tinggi.Informasi selalu menjadi elemen penting dalam aktivitas manusia. Sistem informasi yang tidak terintegrasi dengan baik akan berimplikasi pada hal yang tidak sesuai dengan tujuan. Seperti informasi yang diperoleh peneliti bahwa laporan keuangan Perbankan Nasional dalam beberapa tahun terakhir secara umum sangat baik, dimana dilaporkan oleh masing-masing bank pada laporan keuangan tahunannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem terhadap kesuksesan implementasi sistem informasi perbankan untuk meningkatkan kepuasan dan keuntungan (net benefit) perusahaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey online dengan menyebarkan kuesioner kepada 369 sampel menggunakan google form lalu pengujian dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap net benefit.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish journals in Equity: Jurnal Ekonomi agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.