MODEL KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN DAN KEUNTUNGAN (NET BENEFIT) PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, memberikan kemudahan kepada segala lapisan masyarakat untuk mempermudah kehidupannya, baik kehidupan masyarakat secara pribadi atau kehidupan masyarakat profesional. Teknologi informasi dapat diakses atau dapat digunakan untuk kepentingan yang mendasar atau kepentingan tingkat yang lebih tinggi.Informasi selalu menjadi elemen penting dalam aktivitas manusia. Sistem informasi yang tidak terintegrasi dengan baik akan berimplikasi pada hal yang tidak sesuai dengan tujuan. Seperti informasi yang diperoleh peneliti bahwa laporan keuangan Perbankan Nasional dalam beberapa tahun terakhir secara umum sangat baik, dimana dilaporkan oleh masing-masing bank pada laporan keuangan tahunannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem terhadap kesuksesan implementasi sistem informasi perbankan untuk meningkatkan kepuasan dan keuntungan (net benefit) perusahaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey online dengan menyebarkan kuesioner kepada 369 sampel menggunakan google form lalu pengujian dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap net benefit.
Downloads
References
DeLone, W. H. dan McLean, E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for The Dependent Variable. Information Systems Research, 3 (1), 60-95.
DeLone, W. H. dan McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19 (4), 9-30.
Fornell, C. dan Larcker, D.F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, Vol. 18 No. 1, pp. 39-50.
Ismail, Noor Azizi dan Mat Zin, Rosliza. (2009). Usage of Accounting Information among Malaysian Bumiputra Small and Medium Non- Manufacturing Firms.
Jaafreh, Ali Bakhit. (2017). Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA.
Kieso, et al. (2007). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.
Laudon, Kenneth C dan Jane P.Laudon. (2000). Management Information Systems, organization and Technology in The Networked Enterpise. Prentice-Hall, New Jersey, USA.
Laudon, Kenneth C dan Jane P. Laudon. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Jakarta: Salemba Empat.
Livary, J. (2005). An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success.Dataabase for Advance in Information System (DFA). ISSN: 1532-0936 .Volume 36. ProQuest Company.
McGill, T., Hobbs, V., dan Klobas, J. (2003). Users Developed Application and Information System Success: A Test of Delone and McLean’s Model. Information Resource Management Journal, 16 (1), 24 – 45.
Mulyono, Imam. (2009). Uji Empiris Model Kesuksesan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Dalam Rangka Peningkatan Transparasi Dan Akuntabilitas Keuangan Daerah. Jurnal dan Prosiding SNA - Simposium Nasional Akuntansi. Volume 12.
Sambasivan, Murali, George Patrick Wemys, and Raduan Che Rose. (2010). User acceptance of a G2B system: a case of electronic procurement system in Malaysia.
Seddon, P. B. dan Kiew, M. Y. (1996). A partial test and development of the DeLone and McLean model of IS success. Australasian Journal of Information Systems, Vol. 4 No. 1, pp. 90-109.
Tam, Carlos dan Tiago Oliveira. (2017). Literature Review of Mobile Banking and Individual Performance. International Journal of Bank Marketing.
Tsai, Gwo Yang, Tsuang Kuo, dan Li-Chen Lin. (2017). The Moderating Effect of Management Maturity on The Implementation of an Information Platform System. Journal of Organizational Change Management.
Copyright (c) 2019 Imanuriea Annisa Putri, Nyi Ayu Helfasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Equity: Jurnal Ekonomi agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.