MODEL KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN DAN KEUNTUNGAN (NET BENEFIT) PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK

  • Imanuriea Annisa Putri Universitas Lampung
  • Fajar Gustiawaty Dewi Universitas Lampung
  • Fitra Dharma
Keywords: Sistem Informasi Perbankan, Net Benefit

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, memberikan kemudahan kepada segala lapisan masyarakat untuk mempermudah kehidupannya, baik kehidupan masyarakat secara pribadi atau kehidupan masyarakat profesional. Teknologi informasi dapat diakses atau dapat digunakan untuk kepentingan yang mendasar atau kepentingan tingkat yang lebih tinggi.Informasi selalu menjadi elemen penting dalam aktivitas manusia. Sistem informasi yang tidak terintegrasi dengan baik akan berimplikasi pada hal yang tidak sesuai dengan tujuan. Seperti informasi yang diperoleh peneliti bahwa laporan keuangan Perbankan Nasional dalam beberapa tahun terakhir secara umum sangat baik, dimana dilaporkan oleh masing-masing bank pada laporan keuangan tahunannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem terhadap kesuksesan implementasi sistem informasi perbankan untuk meningkatkan kepuasan dan keuntungan (net benefit) perusahaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey online dengan menyebarkan kuesioner kepada 369 sampel menggunakan google form lalu pengujian dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap net benefit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeLone, W. H. dan McLean, E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for The Dependent Variable. Information Systems Research, 3 (1), 60-95.

DeLone, W. H. dan McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19 (4), 9-30.

Fornell, C. dan Larcker, D.F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, Vol. 18 No. 1, pp. 39-50.

Ismail, Noor Azizi dan Mat Zin, Rosliza. (2009). Usage of Accounting Information among Malaysian Bumiputra Small and Medium Non- Manufacturing Firms.

Jaafreh, Ali Bakhit. (2017). Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA.

Kieso, et al. (2007). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Laudon, Kenneth C dan Jane P.Laudon. (2000). Management Information Systems, organization and Technology in The Networked Enterpise. Prentice-Hall, New Jersey, USA.

Laudon, Kenneth C dan Jane P. Laudon. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Jakarta: Salemba Empat.

Livary, J. (2005). An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success.Dataabase for Advance in Information System (DFA). ISSN: 1532-0936 .Volume 36. ProQuest Company.

McGill, T., Hobbs, V., dan Klobas, J. (2003). Users Developed Application and Information System Success: A Test of Delone and McLean’s Model. Information Resource Management Journal, 16 (1), 24 – 45.

Mulyono, Imam. (2009). Uji Empiris Model Kesuksesan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Dalam Rangka Peningkatan Transparasi Dan Akuntabilitas Keuangan Daerah. Jurnal dan Prosiding SNA - Simposium Nasional Akuntansi. Volume 12.

Sambasivan, Murali, George Patrick Wemys, and Raduan Che Rose. (2010). User acceptance of a G2B system: a case of electronic procurement system in Malaysia.

Seddon, P. B. dan Kiew, M. Y. (1996). A partial test and development of the DeLone and McLean model of IS success. Australasian Journal of Information Systems, Vol. 4 No. 1, pp. 90-109.

Tam, Carlos dan Tiago Oliveira. (2017). Literature Review of Mobile Banking and Individual Performance. International Journal of Bank Marketing.

Tsai, Gwo Yang, Tsuang Kuo, dan Li-Chen Lin. (2017). The Moderating Effect of Management Maturity on The Implementation of an Information Platform System. Journal of Organizational Change Management.

Published
2019-06-28
How to Cite
Putri, I., Dewi, F., & Dharma, F. (2019). MODEL KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN DAN KEUNTUNGAN (NET BENEFIT) PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. Equity: Jurnal Ekonomi, 7(1), 13-20. https://doi.org/10.33019/equity.v7i1.25